Masih inget postinganku yg judulnya “Jalan Panjang Menjadi Auditor” well kayaknya mesti diralat deh jadi “Jalan Terjal Menjadi Auditor” bukan sekedar panjang tapi juga terjal oiya dan melelahkan serta menyetreskan (beuhh bahasa … ).

Seminggu yang lalu aku baru aja selesai witness audit di salah satu perusahaan asuransi terkemuka. Total hari audit 4 hari (3 hari audit + 1 hari transisi), rasanya witness audit itu campur aduk, mulai dari ga bisa tidur, sampe sakit kepala.

Dan pas reportnya udah kelar itu rasanya leeeeegaaaaaaaa πŸ˜€ Sampai hari ini report audit masih dipegang sama witnessor-ku, ga tau deh hasilnya ntar gimana.

===============

Update 26/10/2017

Report audit baru aja pindah tangan ke admin utk di upload dan direview oleh HO, semoga approved ya.

Btw aku juga mau cerita kalo hari ini aku baru aja lulus audit course utk category 4, 2x sih nyoba tesnya. Tes yg pertama failed hehehe Puji Tuhan yg kedua dinyatakan passed πŸ™‚

Sebelum itu ada kabar baik yg mesti di share juga bahwa akhirnya aku approved jadi auditor (Praise Lord) setelah setengah tahun jatuh bangun dan hampir putus asa dan malahan udah bertanya – tanya sama Tuhan apa kerjaan ini beneran buatku ataw bukan (forgive me Lord). Aku ga tau bakal kayak apa kedepannya, yg pasti aku meyakini Tuhan selalu menempatkan aku ditempat yg tepat, diwaktu yg tepat, bertemu dengan orang-orang yg tepat.

So here I am, a newbie in auditing world. Kalau kata senior ku dunia perauditan mengharuskan setiap auditornya utk selalu belajar, setiap harinya. Ngga ada kata auditor yg sudah pintar, setiap audit adalah lahan belajar buat auditor. Yang ada adalah pengalaman bertambah dan pengetahuan bertambah.

So pray for me, supaya bisa jadi auditor yg amanah, yg berhikmat supaya setiap keputusan yg diambil adalah tepat dan benar πŸ™‚

PS : doain juga supaya report auditnya diapprove sama HO (amin)

Iklan

Jalan panjang menjadi auditor

Duh judulnya kayak berat banget ya hahaa tapi kurang lebih begitulah yang lagi aku hadapin hari – hari ini. Fyi, aku udah pernah cerita kan kalo aku baru aja pindah kerja ke badan sertifikasi ISO. Nah posisi ku sekarang ini lagi dalam masa percobaan sebagai auditor jadi selama 3 bulan ini kerjaanku itu ya ikutan observe audit sama bikin technical paper.

Jadi gini nih di tempat kerja ku yg baru utk jadi auditor harus melewati beberapa tahap yaitu :

  1. Lulus ujian RLA (Sertifikasi lead auditor)
  2. Ikut observe dan bikin report
  3. Nyusun technical paper dan harus di approve sama HO
  4. Witness audit

Keliatannya oh cuman gitu doang ya… tapi percaya deh it is not that easy guys.

Ujian RLA

Tahapan pertama ini udah aku lewati di bulan bulan awal bergabung, seminggu ikut pelatihan dan ujian dan puji Tuhan lulus. Masalahnya adalah materi pelatihan udah melayang-layang diluar kepala alias udah lupa πŸ˜€ tapi aku certified ko suwer dehh.

Observe

Nah sampai hari ini aku masih bergulat sama yang namanya observe dan bikin reportnya. Buat yg belon tau observe adalah satu kesempatan yang diberikan perusahaan untuk belajar melakukan audit. Jadi pas audit kerjaanku ya ngliatin auditor, bantu-bantu nyatet, trus liatin lagi trus nyatet lagi gitu aja terus :))

Tapi abisan observe aku harus bikin reportnya. Nah ini nih yang agak rempong hahaha perkara nyatuin catatan audit, hasil pengamatan sama mood yaoloh susah pisan nyatuinnya.

Dan tebak hari ini pun aku masih nyusun report utk observe minggu lalu ….. kelamaan ya … yah gimana dong 😦

Technical paper

Ini PR berat seorang calon auditor apalagi yang kayak aku yg terbatas cakupan pendidikan dan lapangan pekerjaannya. Jadi tuh kita ga bisa seenak jidat kita pilih tema paper karena paper harus sesuai dengan background pendidikan dan pekerjaan sebelumnya trus dicocokin sama jadwal klien yg sesuai trus disubmit ke HO di England sana trus nunggu approvalΒ  (gundah gulana mode on).

Puji Tuhan paper kedua ku udah diapprove dan tinggal witness nya.

Witness audit

Apa tinggal?? Witness adalah langkah terberat dan sekaligus ujian terakhir utk memutuskan layak atau tidaknya kita menjadi seorang auditor (berat ya ) . Kalau Tuhan mengizinkan bulan depan aku witness di salah satu perusahaan asuransi. Pas witness ini aku bakal ngaudit sembari diawasi, dievaluasi dan dinilai sama auditor pembimbing. Nah kalo udah kelar semua tinggal nunggu keputusan dari yang terhormat bapak direktur dan Tuhan yan maha kuasa. Kalo diapprove ya Puji Tuhan kalo ngga yaaa jangan dong Tuhan 😦

Ok sekian aku mo lanjutin bikin report tercinta, mohon doanya ya, semangat!!